Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Analisis Kesiapan Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini

Agus Suprijanto (Unknown)
May Roni (Unknown)
Nasution, Sri Purwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik tetapi juga pada pembentukan kepribadian, moral, dan nilai-nilai sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan sekolah dalam implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di Indonesia. Penelitian ini mencakup analisis kesiapan kurikulum, kompetensi dan kesiapan tenaga pendidik, metode pengajaran, dukungan dari lingkungan sekolah dan orang tua, serta evaluasi dan pemantauan program pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak sekolah PAUD telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan sehari-hari, masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, termasuk keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan guru, dan perbedaan persepsi tentang nilai-nilai karakter antara sekolah dan orang tua. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan peningkatan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru, pengembangan kurikulum yang terintegrasi, serta kerjasama yang lebih erat antara sekolah dan orang tua. Dengan upaya yang berkelanjutan dan kolaboratif, pendidikan karakter di tingkat PAUD dapat ditingkatkan untuk membentuk generasi muda yang beretika, bertanggung jawab, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan praktik pendidikan karakter yang efektif dan berkelanjutan di tingkat pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...