Borobudur Educational Review
Vol 3 No 2 (2023)

Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan media Tangram terhadap pemahaman konsep matematika

Lala Destiana Daffa (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Kun Hisnan Hajron (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Puji Rahmawati (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan media tangram dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas III di SD Negeri 2 Temanggung II Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan yaitu pada kelas 3A dengan jumlah siswa 24 dan kelas 3B dengan jumlah siswa 24. Metode pengumpulan data digunakan menggunakan tes kognitif pretest dan posttest. Uji prasyarat analitif menggunakan uji hipotesis dengan Uji Independent Sample t Test. Hasil penelitian diperoleh data dengan uji independent sample t test yaitu sig. (-2 tailed) sebesar 0,001 <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tedapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa untuk pretest dan posttest pada kelas kontrol. Nilai sig. (-2 tailed) sebesar 0,000 <0,05, berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes kognitif posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen yaitu, kontrol 78,83 < eksperimen 87,21. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan media tangram dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...