RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 9, No 3 (2024): RISTEKDIK : JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - JULI-SEPTEMBER 2024

MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA: PERAN BERPIKIR POSITIF DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA

Laelatul Khasanah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Tri Na'imah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Retno Dwiyanti (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh berpikir positif dan dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik pada siswa MTs ‘X’ Kebumen, Jawa Tengah. Populasi adalah siswa MTs ‘X’ Kebumen, Jawa Tengah sejumlah 240 siswa dengan sejumlah 148 yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan educational stres scale, skala positive thinking scale¸dan skala peer support questionnaire. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu 1) berpikir positif mem[engaruhi stres akademik, 2) dukungan sosial teman sebaya tidak mempengaruhi  stres akademik, dan 3) berfikir positif dan dukungan sosial teman sebaya secara simultan mempengaruhi  stres akademik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...