Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan
Vol 3 No 2: Juni (2024)

Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas IX SMPN 10 Parepare Menggunakan Pendekatan TaRL dan Model PBL

Andi Dulung Laimbong (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Mas’ud B (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Marwati Abd. Malik (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Muhammad Syafe’i (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Muhammad Aidil (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Restiani (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Satriani (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Nurul Fadhilah (Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan kolaborasi siswa kelas IX SMPN 10 Parepare melalui penerapan pendekatan pembelajaran TaRL dan model PBL. Jenis penyidikan ini merupakan penyidikan gugatan kelompok gabungan dan akan dilakukan dalam dua siklus penyidikan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 10 Parepare yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket keterampilan kolaborasi untuk menilai keterampilan kolaborasi siswa, lembar observasi untuk mengamati keterampilan kolaborasi siswa selama proses tindakan pembelajaran, dan monitoring peningkatan hasil belajar meliputi post-test dan pembagian LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan model PBL dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus persentase keterampilan kolaborasi sebesar 62%, Siklus I sebesar 72%, dan Siklus II sebesar 87%. Terkait peningkatan hasil belajar siswa, angka ketuntasan belajar sebesar, dengan tingkat ketuntasan pada siklus sebelumnya sebesar 70%, pada siklus 1 sebesar 88%, rata-rata kelas sebesar 81,82, dan pada siklus II tingkat ketuntasan mencapai 96% dan rata-rata kelas adalah 89,6.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajpp

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan atau di singkat dengan (AJPP) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian terbaru, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Psikologi, konseling, pendidikan secara umum. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (Ajpp) terbit 3 (tiga) ...