Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Media Whack A Ball pada Kelompok A Tk Aisyiah Axuri Mamuju

Dewi, Nirmala (Unknown)
Indayani, Feby (Unknown)
Baktiar, Muflihah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak menggunakan media whack a ball pada kelompok A TK Aisyiah Axuri Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK), dimana subjek dalam penelitian ini melibatkan 17 anak Kelompok A TK Aisyiah Axuri Mamuju. Jumlah anak terdiri dari 10 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi Pada hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak. Hasil peningkatan kemampuan berhitung anak dapat terlihat dari hasil pembelajaran siswa pada siklus II. Hasil pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Keberhasilan peningkatan tersebut terlihat dari indikator berhitung secara urut dengan benar 1-10/10-0 pada siklus I berjumlah 35% mengalami peningkatan menjadi 82% pada siklus II. Indikator menyebutkan angka 1-10 dengan benar pada siklus 1 berjumlah 41% mengalami peningkatan menjadi menjadi 88% pada siklus II. Indikator membilang angka 1-10 pada siklus I berjumlah 35% mengalami peningkatan menjadi 76% pada siklus II. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa melalui media whack a ball dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak Kelompok A TK Aisyiah Axuri Mamuju.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...