Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Copy The Master Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mesuji Raya

Yani, Lusi Rama (Unknown)
Hetilaniar, Hetilaniar (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran copy the master terhadap kemampuan menulis cerita fiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mesuji Raya. Tujuan ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran copy the master terhadap kemampuan menulis cerita fiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mesuji Raya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran copy the master berpengaruh positif terhadap hasil menulis cerita fiksi berjenis cerpen yang di buat oleh siswa yang menjadi sampel penelitian di SMP Negeri 1 Mesuji Raya. Hasil nilai menulis cerita fiksi kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest 59,85 dan posttest 86.63 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 48.74 dan posttest 76.44. Selain itu dibuktikan juga oleh hasil uji-t pada program SPSS V 22 dan hasil nilai thitung > ttabel yaitu 2.613 > 1.684 yang artinya hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Model pembelajaran copy the master dapat diterpakan di sekolah sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan potensi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...