Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Mantra dalam Praktik Spiritual di Desa Lubuk Karet Kabupaten Banyuasin

Tri Wahyuni (Universitas PGRI Palembang)
Hetilaniar Hetilaniar (Universitas PGRI Palembang)
Liza Murniviyanti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi masyarakat terhadap penggunaan mantra dalam praktik spiritual di Desa Lubuk Karet Kabupaten Banyuasin. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap penggunaan mantra dalam praktik spiritual di Desa Lubuk Karet Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap penggunaan mantra dalam praktik spiritual di Desa Lubuk Karet Kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari sepuluh orang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  teknik observasi, wawancara,  kuisoner dan dokumentasi. Hasil Penelitian yang dilakukan di Desa Lubuk Karet Kabupaten Banyuasin diperoleh 10 mantra pengobatan yaitu mantra untuk maag, mantra untuk sakit kepala, mantra untuk sakit kuning atau liper, mantra untuk sakit telinga, mantra untuk sakit ginjal, mantra untuk demam panas tinggi, mantra untuk sakit tipes malaria, mantra untuk sakit perut, mantra untuk sakit gigi, mantra untuk sakit sepit jengkol. Mantra pengobatan sebagai media pertolongan kepada Allah SWT  untuk pengobatan orang sakit dipercaya sebagai perantaran kesembuhan dari penyakit yang di derita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...