Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Analisis Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar 019 Muhammadiyah Bangkinang

Taufik, Irfan (Unknown)
Firmansyah, Doni (Unknown)
Wijaya, Wirawan Gilang (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran TIK pada sekolah dasar harus dilakukan menggunakan metode kurikulum Merdeka yang berbasis kepada proyek demi mewujudkan profil pelajar Pancasila guru harus memperhatikan beberapa hal yang ada pada kurikulum merdeka yaitu terkait Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif menggunakan analisis secara mendalam. Ada dua jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari sumber pertama hasil dari wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber terpercaya seperti dari artikel, buku, dan website yang berkaitan dengan penelitian tersebut penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena-fenomena yang ada yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau, pada pemahaman Teori penulis menjabarkan beberapa referensi berupa defenisi dari pengembangan kurikulum secara teoritis, menjabarkan teori tentang kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi sampai kepada evaluasi pengembangan kurikulum. Di harapkan nantinya pembaca mendapatkan gambaran tentang penerapan pengembangan kurikulum pembelajaran TIK di sekolah menyesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...