Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mendorong Partisipasi Guru di Sekolah Penggerak

Siskawati, Oies Febria (Unknown)
Hendriani, Suswati (Unknown)
Jamilus, Jamilus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala sekolah dapat mendorong partisipasi guru di sekolah penggerak. Artikel ini akan membahas definisi dan karakteristik kepemimpinan transformasional, dampak positifnya, serta strategi yang dapat digunakan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara kepada kepala sekolah dan guru-guru di SMAN 3 Kota Sawahlunto. Hasilnya Guru yang termotivasi dan berpartisipasi aktif cenderung lebih bersemangat dalam mengajar, lebih kreatif dalam merancang pembelajaran, dan lebih berkomitmen terhadap pengembangan professional. Penting bagi kepala sekolah untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan partisipasi guru, serta mengimplementasikan strategi yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...