Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Kontribusi Kelompok Bimbingan Haji dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural di Masyarakat

Firdaus, Slamet (Unknown)
Bachroni, Bachroni (Unknown)
Disuma, Anggara (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kelompok Bimbingan Haji Wadi Fatimah, yang berdomisili di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara yang mendalam. Narasumber meliputi calon jamaah haji sebagai peserta didik, pembimbing manasik sebagai guru, dan pengurus yayasan sebagai pengelola lembaga.  Temuan dari peneliti menunjukan bahwa proses bimbingan manasik merupakan proses pendidikan yang wajaib diikututi oleh semua calon jamaah haji yang hendak berangkat ibadah Haji ke tanah suci. Bimbingan manasik haji adalah gambaran dari proses pendidikan Islam multikutural yang  diselenggarakan oleh masyarakat secara mandiri. Ciri dari pendidikan Islam multikultural berbasis kemasyarakan dapat dijelaskan dengan menganut prinsip-prinsip sebagai berikut: mengajarkan sifat egaliter antar sesama; Menajemen pengelolaan lembaga yang terintegrasi dengan fasilitas pendukung pembelajaran; Kurikulum holistik yang memadukan iman, akal, budi, dan teknologi; tidak antipati terhadap perbedaan di masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...