Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada kelas IV SDN 3 Jekek Nganjuk dengan menggunakan media ular tangga. Berdasarkan penelitian awal saat pelaksanaan pra siklus kelas IV SDN 3 Jekek Nganjuk mendapatkan nilai yang rendah. Hal ini dapat terlihat dari gejala yang terjadi dalam pembelajaran, siswa kurang memahami materi dengan jelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2024, bertempat di SDN 3 Jekek Nganjuk dengan subjek 20 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa. Berdasarkan observasi awal yang diperoleh hasil belajar IPA hanya ada 3 siswa yang tuntas. Setelah menggunakan media ular tangga pada siklus I cukup meningkat yakni 10 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 50%. Kemudian diperbaiki pada siklus II, hasil belajar IPA menjadi 16 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Jekek.
Copyrights © 2024