Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengembangan Model Pembelajaran PJKR berbasis Permainan Tradisional untuk meningkatkan Kebugaran Jasmani

Ilham Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar)
Eskawida Eskawida (STIT Madina Sragen)
Hamdiana Hamdiana (Universitas Mulawarman, Indonesia)
Muhammad Rifai (Universitas Mulawarman, Indonesia)
Rini Dwi Septiyani (Universitas Bina Bangsa)
Hendry Ismawan (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) yang berbasis pada permainan tradisional dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan model pembelajaran, (3) validasi ahli, (4) uji coba terbatas, dan (5) uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PJKR berbasis permainan tradisional yang dikembangkan layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Model pembelajaran ini memadukan aktivitas fisik dari permainan tradisional dengan tujuan pengembangan komponen kebugaran jasmani, seperti daya tahan, kekuatan, kelincahan, dan koordinasi. Penerapan model ini terbukti dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJKR serta memberikan dampak positif terhadap kebugaran jasmani mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...