Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Peningkatan Minat Peserta Didik pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Melalui Tari Tematik Kelas V SDN 283 Gresik

Devi Intan Sari (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Pance Mariati (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Sri Hartatik (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Nafi'ah Nafi'ah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya melalui penerapan tari tematik di kelas V SDN 283 Gresik. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran seni tari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tari tematik digunakan sebagai solusi alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus dimana siklus I terdiri tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 10 peserta didik kelas V. Data diperoleh dari hasil angket minat belajar menunjukan bahwa dengan adanya peningkatan minat belajar peserta didik, yaitu pada Pra siklus kategori sangat kuat 0%, pada siklus I dengan kategori sangat kuat sebesar 50% dan pada siklus II dengan kategori sangat kuat sebesar 90%, dengan artian mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tari tematik untuk meningkatkan minat peserta didik dengan 4 indikator yaitu perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa, keterlibatan siswa. Maka dengan hasil ini dapat tercapai. Peningkatan minat belajar seni budaya dan prakarya terjadi jika presentase peserta <75% maka dikatakan minat belajar sangat kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...