Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Hubungan Konsep Diri dengan Kemandirian pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Islam Al Azhar 54 Pekanbaru

Pramesthi, Nimas Mayang (Unknown)
Solfiah, Yeni (Unknown)
Novianti, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Azhar 54 Pekanbaru dengan jumlah 57 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Dari hasil penelitian diketahui tingkat konsep diri anak berada dalam kategori kurang baik dengan nilai persentase 50,16% dan tingkat kemandirian anak dalam kategori cukup baik dengan persentase 53,04%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dari hasil analisis korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar ???????????? 0,661. Artinya terdapat hubungan antara variabel konsep diri dengan kemandirian anak. Selain itu, untuk membuktikan uji hipotesis dapat dilakukan “uji t”. Berdasarkan perhitungan, didapatkan hasil t-hitung > t-tabel atau 5.245 > 1.673. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan konsep diri dengan kemandirian pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Azhar 54 Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...