Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Puzzel untuk Meningkatkan Keaktifan pada Pembelajaran IPAS Kelas 5 di SD Negeri 78 Palembang

Humairo, Humairo (Unknown)
Raharjo, Makmun (Unknown)
Rudiansyah, Rudiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament yang menggunakan media Puzzle dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 78 Palembang, dengan subjek penelitian adalah kelas V A yang terdiri dari 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, dan analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Puzzel dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, terbukti dari kenaikan persentase keaktifan belajar sebesar 2,75% ke kategori aktif. Dengan demikian, media Puzzel terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pelajaran IPAS, serta membantu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...