Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data agar data valid dan dapat dipertanggung jawabkan yang telah dikumpulkan, maka peneliti menggunakan teknik triangulasi. Dari Penelitian yang penulis lakukan tentang Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 1 Kec. Guguak menunjukkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Projek P5 di SMA Negeri 1 Kec. Guguak secara umum dapat dikategorikan baik dan sesuai dengan apa yang ditetapkan pada kurikulum operasional satuan pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan kesiapan guru dari awal yang sudah mengikuti workshop atau pelatihan diluar dinas serta sudah membentuk tim fasilitator dan tim koordinator projek sekolah. dan jika dilihat dari segi input sumber pembelajaran dan sarana prasarananya sudah tersedia dengan cukup lengkap, Sedangkan dilihat dari segi process berupa penerapan metode yang digunakan dan manajemen waktu oleh guru masih sedikit terkendala namun masih dapat diatasi dengan baik, Selanjutnya jika dilihat dari evalusi product program ini dapat menciptakan hasil karya dan membentuk karakter siswa sesuai dengan harapan elemen Profil Pelajar Pancasila. Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Kec. Guguak sudah berjalan sesuai dengan semestinya.
Copyrights © 2024