Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Evaluasi Program Bantuan Keuangan Khusus Bagi SMK Kabupaten Sijunjung

Addurorul Muntatsiroh (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Adripen Adripen (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
M. Yusuf Salam (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Muhammad Faziz (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Ardimen Ardimen (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang diberikan kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk menilai efektivitas program dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa komponen proses dan produk memperoleh skor yang baik (80%), menandakan bahwa program berjalan sesuai dengan prosedur dan menghasilkan dampak positif. Namun, komponen context dan input hanya mencapai kategori cukup (59% dan 60%), menunjukkan adanya kekurangan dalam pemenuhan kebutuhan dasar dan alokasi sumber daya. Evaluasi ini merekomendasikan peningkatan dalam perencanaan dan pengelolaan dana, serta perbaikan dalam sosialisasi dan fleksibilitas penggunaan dana. Secara keseluruhan, program BKK menunjukkan potensi yang baik untuk meningkatkan layanan pendidikan, tetapi memerlukan perbaikan untuk mencapai hasil yang lebih optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...