Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Program Pembelajaran Full Day School dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang

Yuliani, Yuliani (Unknown)
Suryana, Sayan (Unknown)
Saprialman, Saprialman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Program full day school yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Karawang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan yang lebih komprehensif. Penelitian ini mengkaji bagaimana program tersebut diimplementasikan dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan untuk memahami secara mendalam fenomena ini, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi full day school di MAN 4 Karawang telah berjalan dengan baik selama tiga tahun terakhir, dengan adanya penyesuaian pada kurikulum, sarana prasarana, dan sumber daya manusia. Program ini tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter, spiritualitas, dan keterampilan sosial siswa. Meskipun tantangan seperti kelelahan siswa dan penyesuaian jadwal masih ada, berbagai inovasi seperti program "morning spiritual" dan "Jumat Kreatif" telah berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa. Secara keseluruhan, program full day school di MAN 4 Karawang telah memberikan dampak positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Evaluasi berkala yang dilakukan oleh sekolah menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek motivasi, prestasi akademik, dan pengembangan karakter siswa. Meskipun demikian, sekolah tetap berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam implementasi program ini guna memastikan keberlanjutan dan peningkatan kualitas pendidikan di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...