Jurnal Informatika Upgris
Vol 10, No 1: Juni 2024

Analisis Usability Aplikasi Virtual Reality UMKM Lumintu dari Sudut Pandang Pengguna

Senoprabowo, Abi (Unknown)
Muqoddas, Ali (Unknown)
Prabowo, Dwi Puji (Unknown)
Pramudya, Elkaf Rahmawan (Unknown)
Bastian, Henry (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Aplikasi virtual reality UMKM Lumintu dirancang untuk dapat memfasilitasi UMKM Lumintu dalam memamerkan produk mereka. Aplikasi ini dibuat karena UMKM Lumintu tidak memiliki kemampuan untuk menyelengarakan pameran secara mandiri dikarenakan untuk membuat pameran yang bagus dan menarik diperlukan dana yang besar. Selain itu, perubahan dari melihat pameran nyata ke bentuk pameran maya memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengguna saat menggunakan pameran digital virtual reality. Ketergunaan tersebut yang sering disebut sebagai usability. Fokus dari penelitian ini adalah menganalisis usability aplikasi virtual reality UMKM Lumintu dari sudut pandang pengguna sehingga dari hasil evaluasi dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk perbaikan pembuatan aplikasi virtual reality ruang pamer selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah 5 komponen usability berdasarkan teori dari Handiwidjojo dan Ernawati yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi virtual reality UMKM Lumintu ini layak untuk didistribusikan ke pengguna karena memiliki nilai yang baik dalam setiap komponen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIU

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics UPGRIS published since June 2015 with frequency 2 (two) times a year, ie in June and December. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving closely ...