Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 4 No 1 (2024): Volume 4, No. 1, Januari 2024

Pengembangan Media Scrapbook Materi Kebudayaan Indonesia untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas IV SD

Karomah, Fitriyatul (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)
Fatih, Mohamad (Unknown)
Rofi'ah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari studi pengembangan ini ialah untuk menghasilkan scrapbook Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas IV SD. penelitian yang digunakan metode Researd and Development (R&D) model ADDIE. Tahap penelitian yang digunakan ada lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDI sebanyak 22 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket. Hasil dari validasi ahli media memperoleh nilai 97%, dengan kategori “valid”. Validasi dari ahli materi memperoleh nilai 88%, dengan kriteria “valid”, selanjutnya hasil validasi dari ahli Bahasa memperoleh nilai 90% dengan kriteria “valid”. Sedangkan peningkatan kemandirian siswa memperoleh hasil 85% dengan kriteria “sangat tinggi” dengan nilai N Gain 0,74 dengan kriteria “tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook kebudayaan Indonesia dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas IV SDI Ma’arif Tawagsari Garum Kabupaten Blitar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...