Sciening : Science Learning Journal
Vol. 5 No. 1: Juni 2024

Peluang dan Tantangan Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Kimia Bagi Generasi Z di Era Society 5.0

Desire Atna Sridanty Rumondor (Universitas Negeri Manado)
Jakub Saddam Akbar (Universitas Negeri Manado)
Fransiska Harahap (Universitas Negeri Manado)
Djakariah Djakariah (Universitas Negeri Cendana)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi peluang dan tantangan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi kimia bagi generasi Z dalam konteks era society 5.0. Dalam penelitian ini, dilakukan identifikasi, analisis, evaluasi, dan interpretasi riset terkait penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK yang tersedia dari tahun 2014 hingga 2024, yang berkaitan dengan topik pembelajaran kimia. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan menjawab pertanyaan penelitian terkait dengan peluang dan tantangan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan database artikel online yaitu ERIC dan Google Scholar. Berdasarkan analisis literatur, dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK dalam proses pembelajaran kimia menghadirkan sejumlah peluang yaitu peningkatan keterlibatan siswa, peningkatan pemahaman konsep, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatkan daya ingat dan pemahaman jangka panjang, serta peningkatan keterampilan teknologi sedangkan tantangannya meliputi infrastruktur dan aksesibilitas, pelatihan guru yang tidak cukup, ketersediaan sumber daya yang terbatas, serta kesulitan dalam integrasi TPACK secara holistik. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan panduan praktis bagi institusi pendidikan dalam mengadopsi perangkat pembelajaran berbasis TPACK secara efektif dalam proses pembelajaran kimia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...