UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 13 No. 2 (2024)

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI ERA SOCIETY 5.0

Akbar, Jakub Saddam (Unknown)
Djakariah, Djakariah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan media augmented reality (AR) dalam pembelajaran kimia di era society 5.0. Dalam penelitian ini, dilakukan identifikasi, analisis, evaluasi, dan interpretasi riset terkait AR yang tersedia dari tahun 2010 hingga 2022, yang berkaitan dengan topik pembelajaran kimia. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan menjawab pertanyaan penelitian terkait efektivitas media pembelajaran AR dalam pembelajaran kimia di era Society 5.0 dengan menggunakan database artikel online yaitu ERIC dan Google Scholar. Berdasarkan analisis literatur, dapat disimpulkan bahwa penggunaan augmented reality dalam proses pembelajaran kimia menghadirkan sejumlah keefektivan, seperti visualisasi yang mendalam, interaktivitas yang meningkat melalui keterlibatan peserta didik, memahami konsep kimia yang sulit untuk lebih mudah dipahami, memberikan retensi (ingatan)yang lebih lama pada peserta didik, dan menawarkan metode pembelajaran yang inovatif. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan panduan praktis bagi institusi pendidikan dalam mengadopsi AR secara efektif dalam proses pembelajaran kimia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...