PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2024): APRIL 2024

Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Siswa Dalam Belajar Materi Persamaan Kuadrat

Saputri, Aulia Nabilla (Unknown)
Warsitarumanti, Syahrani (Unknown)
Maharani, Dwi (Unknown)
Herman, Tatang (Unknown)
Hasanah, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa sulit untuk mempelajari materi persamaan kuadrat. Pendekatan yang dipilih berdasarkan pendekatan deskriptif kualitatif dan subjeknya berjumalh 35 siwa dari kelas IX-F SMPN 3 Cimahi. Instrumen yang digunakan berupa soal tes persamaan kuadrat dan survey dalam bentuk Google Form. Analisis data yang digunakan yakni menyajikan informasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa faktor-faktor yang membuat siswa kesulitan dalam mempelajari materi persamaan kuadrat adalah: 1) kurangnya pemahaman konsep; 2) kesalahan operasi matematika; 3) kurang fokus dan kesiapan saat pembelajaran; dan 4) media dan model pembelajaran yang kurang tepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...