Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran
Vol. 2 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Damayanti, Putri Surya (Unknown)
Pujiarti, Titi (Unknown)
Srirahmawati, Ija (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran terpadu model Webbed yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran terpadu model Webbed terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one-grup pre-test-posttest. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas IV SDN Inpres Sambitangga yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan dua tahap: pretest dan posttest. Dari penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pretest adalah 72 dan posttest adalah 88. Analisis data menggunakan SPSS 26 for windows dengan uji Paired Sample t-test pada α (0,05), diperoleh nilai sig 0,018 < α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Selanjutnya diperoleh nilai N-gain sebesar 0.561 (kategori sedang). Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran terpadu model Webbed terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jundikma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil ...