Pelatihan di hotel merupakan sebuah upaya menunjang kualitas dari sumber daya manusia. Pelatihan memerlukan analisa yang tepat agar memiliki dampak yang baik bagi sebuah hotel. Penelitian akan analisa kebutuhan pelatihan harus dilakukan agar jenis pelatihan yang diberikan dapat tepat guna. Melalui penelitian kuantitatif, peneliti memaparkan sebuah 11 indikator capaian kepada 20 responden di departemen tata hidang dengan dibantu penarikan kuesioner. Setelah itu, penulis memaparkan hasil dalam bentuk hitungan skala Likert dan dibantu dengan metode garis kontinum sebagai pemaparnya. Hasil menyeluruh didapati hanya terdapat 4 indikator yang dinilai masih “ragu” dikarenakan berbagai faktor internal hotel. 7 indikator lainnya berhasil mendapatkan nilai positif berupa “setuju”. Nilai positif ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama yang terjalin baik antara manager tata hidang dengan manager sumber daya manusia. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi Hotel Prima Cirebon untuk dapat terus mengembangkan hotelnya kearah yang lebih baik di kemudian hari. Kata Kunci: analisa kebutuhan pelatihan, hotel, tata hidang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024