Penelitian ini dilakukan karena pentingnya menerapkan kurikulum merdeka, terutama mengingat bahwa pada tahun 2024, semua satuan lembaga diwajibkan untuk menerapkan kurikulum tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan konsep implementasi kurikulum merdeka di Raudhotul Athfal (RA) Ummatan Wahidah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data melibatkan kajian beberapa artikel yang relevan dengan topik penelitian mengenai implementasi kurikulum merdeka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan kurikulum merdeka memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap konsep dan struktur kurikulum. Konsep terpenting dalam kurikulum merdeka di satuan RA adalah pembentukan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Profil pelajar pancasila mencakup beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.Sementara itu, profil pelajar rahmatan lil alamin melibatkan berkeadaban (ta’addub), keteladanan (qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), mengambil jalan tengah (tawassuṭ), berimbang (tawāzun), lurus dan tegas (I’tidāl), kesetaraan (musāwah), musyawarah (syūra), toleransi (tasāmuh), serta dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār).
Copyrights © 2023