Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari diterapkannya pendekatan Metacognitive Guidance (MG) terhadap kemampuan penalaran proporsional dan literasi matematis siswa. Kemampuan penalaran proporsional dan kemampuan literasi matematis siswa sangat penting. Kemampuan penalaran proporsional merupakan kemampuan untuk mulai memahami hubungan perkalian dimana sebagian besar konsep aritmatika biasanya berdasarkan penjumlahan atau bisa dilihat dari bagaimana para siswa menyelesaikan dan mengatur strategi. Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menafsiran, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 36 Bandar Lampung. Cluster Random Sampling digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Metacognitive Guidance (MG) berdampak terhadap kemampuan proporsional dan literasi matematis
Copyrights © 2024