Jurnal Pendidikan
Vol. 33 No. 1 (2024): March

Hubungan Penerapan Media Kahoot Dengan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMKN 3 Pontianak

Risma Handayani (Universitas Tanjungpura)
Ika Rahmatika Chalimi (Universitas Tanjungpura)
Astrini Eka Putri (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian inil adalah guna mengetahui apakahl terdapat hubunganl media kahoot dengan minatl belajar pesertal didik. Penelitianl ini dilaksanakanl dengan menggunakanl metode lkuantitatif. Populasi padal penelitian inil adalah peserta didik kelas X SMKN 3 Pontianak. Terdapat 2 sampel pada penelitian, yakni kelasl eksperimen danl kelas kontroll yang diambill dengan teknikl Probability Sampling Jenis Cluster Sampling (Area Sampling). Data penelitianl diperoleh melalui angket, observasi serta dokumentasi. Analisis dari perolehan data penelitianl menggunakan Ujil Korelasi Pearsonl Product lMoment. Hasil dari penelitianl menunjukan (1) Penerapan media kahoot dalam pembelajaran sejarah kelas X SMKN 3 Pontianak di kelas Eksperimen yaitu X BDP 2. (2) Berdasarkan perhitungan persentase angket minat belajarl sejarah peserta didikl dikelas eksperimen menggunakan medial kahoot pada indikator perhatian sangat setuju yaitu 61.54%, Indikator perasaan senang yaitu 69.02%, Indikator Ketertarikan yaitu 62.61%. Dapat disimpulakan bahwa minat belajar sejarah peserta didik pada pembelajaran sejarah dikategorikan baik.  (3) Terdapat hubungan penerapan media kahoot denganl minat belajarl peserta didikl dan telah di hitung menggunakan SPSS 29 dengan hasill uji hipotesisl menggunakan Ujil Korelasi Pearsonl diperoleh sikap signifikansi (sig.2 ltailed) 0,001 < l0,05. Maka diartikan bahwa penerapan media kahoot terdapat hubungan dengan minatl belajar pesertal didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...