Journal of Vocational, Informatics and Computer Education
Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024

Analisis Tingkat Penerimaan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online berbasis Gamifikasi Pada Perguruan Tinggi

Petrus Jacob Pattiasina (Unknown)
Ilma Wulansari Hasdiansa (Unknown)
Annajmi Rauf (Unknown)
Nur Alamsyah (Unknown)
Sulpiani (Unknown)
Siti Auliyani Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran daring sering kali menghadapi tantangan terkait motivasi dan keterlibatan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat penerimaan mahasiswa terhadap pembelajaran daring berbasis gamifikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional, mengumpulkan data melalui kuesioner dari 64 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen gamifikasi, khususnya aspek philanthropist dan socializer, memberikan dampak terbesar terhadap motivasi dan partisipasi mahasiswa dengan nilai rata-rata 3,96 dan 3,9. Sebaliknya, aspek achiever dan explorer memiliki pengaruh yang lebih kecil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan gamifikasi dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring, dan menyarankan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor individu yang mempengaruhi penerimaan gamifikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOICE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Journal of Vocational, Informatics and Computer Education (VOICE) is a journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian or English in the form of research results (top priority) and or reviews in the field of computers and Informatics in the scope of vocational and early ...