Jurnal Vokasi Mekanika
Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Vokasi Mekanika

HUBUNGAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNP PESISIR SELATAN

Setrihan Putra (Unknown)
Eko Indrawan (Unknown)
Irzal Irzal (Unknown)
Dori Yuvenda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Salah satu elemen yang memerlukan perhatian dalam mendukung semangat belajar adalah fasilitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi keterkaitan antara fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Negeri Padang di Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian mencakup 105 mahasiswa dari Universitas Negeri Padang yang terbagi dalam tiga jurusan: S-1 Sistem Informatika, D-III Teknik Mesin, dan D-III Teknik Otomotif. Sampel ini melibatkan tiga tahun angkatan, yaitu 2020, 2021, dan 2022. Data diperoleh melalui kuesioner dan observasi. Analisis data melibatkan pemberian skor berdasarkan tanggapan pada kuesioner serta evaluasi setiap jawaban terhadap pernyataan dalam kuesioner. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar, dengan persentase 85,43% responden menyatakan adanya korelasi ini berdasarkan hasil dari kuesioner.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vomek

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Jurnal Vokasi Mekanika menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan dan teknologi serta ilmu Keteknikan dalam bidang Teknik Mesin. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi untuk mendiskusikan, ...