Masih banyak siswa yang kesulitan dalam mencapai pembelajaran yang optimal pada mata pelajaran teknik pengelasan shield metal arc welding (SMAW). Selain itu, siswa juga kurang memahami bahan-bahan las busur, termasuk cara penggunaan alat dan cara penggunaannya. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui bagaimana media pembelajaran virtual reality (VR) mempengaruhi pengaruh belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pengelasan SMAW di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Pengelasan VR digunakan sebagai media pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain quasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan 1 kelas penelitian dan 1 kelas pemantauan, dengan jumlah siswa di kelas penelitian sebanyak 33 siswa dan kelas pemantauan berjumlah 34 siswa. Untuk mengetahui kemampuan keterampilan siswa, pengumpulan informasi dilakukan dengan menggunakan evaluasi pretest dan posttest. Selain itu dilakukan uji prasyarat guna menguji homogenitas dan normalitas data perolehan belajar siswa. Hasil eksperimen mengindikasikan bahwa uji t memunculkan nilai signifikansi dua sisi sejumlah 0,007 makin rendah daripada 0,05. Rata-rata persentase kelas penelitian sejumlah 80,06 dan rata-rata persentase kelas pengawasan sejumlah 75,88. Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan media pembelajaran virtual mampu mempengaruhi hasil belajar siswa kelas penelitian.
Copyrights © 2024