Jurnal Vokasi Mekanika
Vol 6 No 3 (2024): Jurnal Vokasi Mekanika

MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR

Febri Prasetya (Unknown)
M. Giatman (Unknown)
Nurhasan Syah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa dalam konsep menggambar mesin dalam pemanfaatan software Computer Aided Design (CAD) mata pelajaran gambar teknik manufaktur yang disebabkan belum optimalnya penerapan model pembelajaran sehingga hasil belajar yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitan ini untuk melihat apakah penerapan model Project Based Learning (PBL) mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar gambar teknik manufaktur di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini merupakan peneltian quasi-eksperimen dengan menggunakan pre eksperiment one group pretest posttest. Subjek Penelitian yaitu kelas XI TPM SMK Negeri 1 Tanjung Raya dengan jumlah 20 orang siswa. Pada uji pretest dilakukan sebelum diberikan penerapan model pembelajaran PBL dan uji posttest dilakukan setelah diterapkan model pembelajaran project based learning, teknik yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian yaitu teknik uji f. Hasil data penelitian dengan rata rata skor pada uji posttest yaitu 71,94 lebih tinggi dibandingkan pada kelas pretest yaitu 58,38. Berdasarkan uji hipotesis pada uji f diperoleh nilai sig 0,00 < sig 0,05 dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antarra model project based learning terhadap peningkayan hasil belajar gambar teknik manufaktur di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vomek

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Jurnal Vokasi Mekanika menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan dan teknologi serta ilmu Keteknikan dalam bidang Teknik Mesin. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi untuk mendiskusikan, ...