Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Media Bigbook Aku Cinta Pancasila untuk Meningkatkan Karakter Siswa Kelas 1 SD Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Gorius Geor (Universitas Negeri Manado)
Susan N. H. Jacobus (Universitas Negeri Manado)
Theodorus Pangalila (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Kualitas pengajaran di sekolah dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang efektif, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran seperti Big Book. Proses pendidikan di sekolah sangat penting dalam membentuk kinerja dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk pembelajaran Big Book yang efektif dalam pembentukan karakter siswa sesuai nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus di sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Big Book yang diperbesar dengan teks dan gambar menarik, serta warna yang mencolok, dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Selain itu, Big Book terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, gotong royong, dan nasionalisme yang terkandung dalam Pancasila. Big Book tidak hanya memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran tetapi juga menciptakan efek psikologis positif yang meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa. Kesimpulannya, Big Book sebagai media pembelajaran berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Implementasi Big Book dalam pembelajaran Pancasila dengan materi "Aku Cinta Pancasila" efektif dalam meningkatkan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, menjadikan mereka lebih termotivasi dan berkarakter. Oleh karena itu, Big Book layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam pendidikan karakter di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...