Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Lectora Tentang Kisah Hijrah Nabi Muhammad S.A.W ke Madinah

Asnawi, Farid Zaenudin (Unknown)
Sumbulah, Umi (Unknown)
Nur, Muhamad Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Pendidikan agama Islam saat ini merupakan bagian penting dari kurikulum sekolah dasar, namun metode pembelajaran yang digunakan seringkali kurang maksimal. Pembelajaran sering terbatas pada membaca dan menghafal, tanpa adanya proses yang mendorong rasa ingin tahu siswa. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, diperlukan inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Salah satu inovasi tersebut adalah penggunaan multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang Kisah Hijrah Nabi Muhammad S.A.W ke Madinah di SDN 5 Merjosari Malang untuk siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada teori Borg and Gall dengan delapan langkah penelitian: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi uji coba produk, dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan valid, menarik, dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan software Lectora Inspire mempermudah penyajian materi secara menarik dan interaktif, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar dan memahami konsep-konsep pelajaran dengan lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa multimedia pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...