PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER

PERAN GURU SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BK DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH METRO LAMPUNG

Wahyudinata, Davit (Unknown)
Septiani, Intan Widiya (Unknown)
Anjarsari, Riana (Unknown)
Mujib, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Kedisiplinan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikannya, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Guru kelas dapat melakukan berbagai kegiatan untuk menanamkan kedisiplinan, seperti menyampaikan materi tentang kedisiplinan, mengawasi dan memantau perilaku peserta didik, serta melakukan konseling individu dan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di MTS Muhammadiyah Metro, Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru kelas dan peserta didik di MTS Muhammadiyah Metro, Lampung. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di MTS Muhammadiyah Metro sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik, antara lain:Peningkatan kompetensi guru kelas dalam bidang bimbingan dan konseling.Peningkatan kerja sama antara guru kelas, guru bimbingan dan konseling, dan wali murid.Peningkatan sarana dan prasarana pendukung layanan bimbingan dan konseling.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...