PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER

PENGGUNAAN TES PILIHAN GANDA SEBAGAI ALAT EVALUASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEDAWUNG SRAGEN

Agustin, Riska (Unknown)
Surani, Dyah (Unknown)
Nur Khasanah, Afifah (Unknown)
Septina Pratiwi, Khomsatun (Unknown)
Nafizah, Duratun (Unknown)
Intan Mutiara Fajrin, Rara (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru perlu melakukan evaluasi pembelajaran kepada siswa. Alat evaluasi yang digunakan yaitu tes pilihan ganda dimana memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis tes pilihan ganda yang dijadikan sebagai alat evaluasi pembelajaran. Adapun jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah survey yang sistematis dan ketat dalam mengumpulkan informasi dari satu sampel. Adapun teknik pengumpulan data yaitu memakai teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru, waka kurikulum dan siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru lebih tertarik dalam menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk mengetahui dan mengukur hasil siswa dalam pembelajaran. Tes pilihan ganda lebih efisien waktu dalam penggunaan dan kemudahan dalam penilaian tapi memiliki tantangan tersendiri dalam pembuatannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...