PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 2 No 1 (2024): FEBRUARI

PENGGUNAAN INSTRUMEN EVALUASI TES DAN NON TES DI SMA AL-ISLAM SURAKARTA

Annisa Wulandari (Unknown)
Maryam Alhansa Zuhro (Unknown)
Mi'roju Abdul Rozaq Al Ghifari (Unknown)
Muhammad Marzuki (Unknown)
Pandu Wilantara (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang alat-alat evaluasi, baik dalam bentuk tes maupun non-tes, yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Al-Islam Surakarta Evaluasi diterapkan untuk menilaI hasil belajar siswa dan proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi sistem pembelajaran. Metode penelitian melibatkan wawancara dengan guru serta pengumpulan data dari library riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi tes dilakukan melalui tes tertulis, lisan untuk menguji pengetahuan dan serta tugas proyek untuk mengukur pemahaman siswa. Tes melibatkan keaktifan siswa dalam diskusi tes essay dan tes hafalan siswa, Sedangkan evaluasi non tes dan tugas amal harian untuk memantau perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, SMA Al-Islam Surakarta menerapkan beragam alat evaluasi baik tes maupun non-tes dalam pembelajaran PAI untuk mengukur pengetahuan, pemahaman, dan sikap siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...