Kompetensi
Vol 16 No 2 (2023): Kompetensi

EKSPLORASI MEDIA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMP

Faradila, Cika (Unknown)
Lubis, Muhammad Dzaki Al-Karim (Unknown)
Depari, Samuel Pratama (Unknown)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital, guru perlu memiliki kompetensi pedagogik yang mumpuni. Dalam konteks ini, penggunaan teknologi pop up book bukan hanya sekadar alternatif, tetapi juga menjadi keharusan untuk memperkuat daya saing proses pembelajaran. Kompetensi pedagogik merujuk pada kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran secara profesional. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah melalui pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMP Negeri 17 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi pop up book sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa, serta mengetahui pengaruh Penerapan  teknologi pop up book dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pop up book memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa dan terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dampak positifnya menciptakan dasar untuk perubahan jangka panjang, memperkuat urgensi teknologi dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...