Science And Education Journal (SNEJ)
Vol 2 No 2 (2024): Science and Education Journal (SNEJ)

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Rusnita Dewi, Hefi (Unknown)
Komariyah, Nurul (Unknown)
Rosyid, Abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefktivan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang diterapkan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan antara lain, berupa lembar observasi, lembar angket dan soal tes (pretest dan post-test). Hasil penelitian ini diuraikan sebagai berikut: (1) Hasil observasi terhadap keterlaksanaan Implementasi RPP masuk dalam kategori sangat baik (2) Penilaian hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan rata-rata nilai pretesnya adalah 50,9 dan setelah penerapan model pembelajaran TGT rata-rata nilai posttest adalah 90,67 (3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT rata-rata 3,5 dengan kategori positif. (4) Hasil observasi terhadap aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 3,7. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

snej

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Science and Education Journal ( SNEJ ) e-ISSN 3021-7687 P-ISSN 2988-5396 is a peer-reviewed journal published by Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil ...