Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 3 No. 1: Nopember 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH LUDO NUSANTARA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Azzahra, Arifah (Unknown)
Marini, Arita (Unknown)
Utami, Diani Putri (Unknown)
Nabila, Ghalda (Unknown)
Kamila, Najwa (Unknown)
Prasetyo, Rifqi Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Pendidikan memiliki faktor utama dalam mengembangkan masyarakat yang berkualitas. Hal ini juga terjadi pada pembelajaran muatan IPS dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan media pembelajaran berupa permainan Rumah Ludo Nusantara pada muatan IPS Di Sekolah Dasar dengan materi keberagaman budaya di Indonesia untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar untuk menarik minat peserta didik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan satu ahli media, satu ahli materi, satu guru, serta 14 siswa kelas IV SDN Paseban 18 Pagi sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah observasi dan angket. Media ini memperoleh hasil sebesar 96% dari ahli media dan 90% dari ahli materi. Hasil evaluasi dari guru dan siswa juga mendapat nilai rata rata 96%. Hal ini menunjukkan bahwa media Rumah Ludo Nusantara memperoleh nilai sangat baik (SB) sehingga dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS pada materi keberagaman budaya di Indonesia karena mampu membantu siswa dalam memahami materi secara optimal dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari- hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...