Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan
Vol 3 No 1 (2024): Volume 3 Nomor 1 Januari 2024

Perbandingan Tingkat Kesetiaan Pelanggan Menggunakan Tokopedia dan Shopee Program Bebas Ongkir

halim, cheviria (Unknown)
Kosasih, Denny (Unknown)
Felix (Unknown)
Surya, Irvan (Unknown)
Sulyyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan tingkat kesetiaan pelanggan antara platform e-commerce Shopee dan Tokopedia, dengan penekanan khusus pada bagaimana program bebas ongkir memengaruhi keputusan pembelian dan retensi pelanggan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat utama untuk menilai tingkat kesetiaan pelanggan serta Net Promoter Score (NPS) di kedua platform tersebut. Temuan utama menunjukkan bahwa tingkat kesetiaan pelanggan yang merekomendasikan dan terus membeli di Shopee lebih tinggi daripada di Tokopedia, dengan 87% dan 54% masing-masing. Fokus penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana program bebas ongkir memengaruhi minat dan retensi konsumen di dua platform tersebut. Salah satu hipotesis yang muncul adalah bahwa program bebas ongkir dapat berdampak besar pada tingkat kesetiaan konsumen di kedua platform e-commerce tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jumanage

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal MANAGE merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Misi dari Jurnal MANAGE adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan ...