Kinerja guru merupakan kunci kesuksesan bagi lembaga pendidikan. Namun, dalam fenomenanya target kinerja guru yang diharapkan belum tercapai pada pondok pesantren se-Kabupaten Serang. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan pondok pesantren dan budaya organisasi terhadap disiplin, serta bagaimana hal tersebut berpengaruh pada kinerja guru. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif dengan populasi yang meliputi guru pondok pesantren se-kabupaten serang berjumlah 329 guru, sebanyak 77 guru dipilih sebagai sampel, teknik sampling dilakukan menggunakan metode proportional random sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert, dan dianalisis menggunakan SmartPLS 4.101. Penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala pesantren memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, sementara budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Selain itu, kepemimpinan kepala pesantren berdampak positif dan signifikan terhadap disiplin, demikian pula budaya organisasi dan kinerja guru terhadap disiplin. Kepemimpinan kepala pesantren secara signifikan dan positif mempengaruhi kinerja guru dengan disiplin sebagai mediasi. Namun, terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan dari budaya organisasi terhadap kinerja guru yang dimediasi oleh disiplin.
Copyrights © 2024