Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 13 No. 1 (2024): Januari 2024

Identifikasi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Dinamika Gerak Lurus: Identification of Class XI Students' Science Process Skills in the Dynamics of Rectilinear Motion

Oktavia, Sri Wina (Unknown)
Astalini, Astalini (Unknown)
Kurniawan, Dwi Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi dinamika gerak lurus. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI dari SMA Negeri Se-Kecamatan Alam Barajo. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling maka didapatkan sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI F5 dan peserta didik kelas XI F4. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains dengan skala likert. Teknik analisis data yang akan dilakukan berdasarkan statistik deskriptif untuk memperoleh nilai interval, mean, median, min, max. Hasil penelitian keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI F4 dalam kategori baik dengan persentase 61,1%, sedangkan keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI F5 dalam kategori baik dengan persentase 56,2%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI SMAN 11 Kota Jambi sedikit lebih unggul dari kelas XI SMAN 12 Kota Jambi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published twice a year e-ISSN 2503-2275 online writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners' writing and research results and teaching in the field of ...