Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Matematika pada materi perkalian dan pembagian. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana gambaran penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek penelitian yaitu satu (1) guru kelas dan siswa yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B) sedangkan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan siklus II hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B) sehingga penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD.
Copyrights © 2024