Global Journal Basic Education
Vol 3 No 2 (2024): Mei

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I UPT SD INPRES 6/75 POLEONRO

Azizah, Nur (Unknown)
Febriati, Farida (Unknown)
Wildana, Wildana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana penerapan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesiadi kelas 1 UPT SD Inpres 6/75 Poleonro. Oleh karna itu adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Media Kartu Kata untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I UPT SD Inpres 6/75 Poleonro yang berjumlah 8 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I termasuk dalam kategori Rendah sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu kategori Sangat Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Kartu Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan Pelajaran Media Kartu Kata dalam meningkatkan membaca Permulaan Siswa UPT SD Inpres 6/75 Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...