Global Journal Basic Education
Vol 3 No 2 (2024): Mei

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI UPTD SDN 136 INPRES BONTO TALLASA

Dewi, Mirnawati (Unknown)
Kurnia, Rika (Unknown)
Lestari, Kiki Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Mengatasi rendahnya hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data berupa observasi pengamatan dan tes, teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Hasil yang diperoleh pada siklus I di penelitian ini yaitu 64,29% yang mengindikasikan adanya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, guru belum secara maksimal menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam proses pembelajaran sehingga siswa masih merasa asing dengan penerapan model tersebut dan memperoleh hasil belajar dibawah KKTP atau <75 sehingga disimpulkan perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada pelaksanaan siklus II guru sudah mampu memaksimalkan penggunaan model problem based learning dalam proses pembelajaran sehingga mampu membangkitkan semangat siswa dan membuat siswa terlibat aktif dalam diskusi maupun mandiri. Pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 82,14% dan dapat disimpulkan bahwa penerepan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajat Matematika siswa kelas VI di UPTD SDN 136 Inpres Bonto Tallasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...