Global Journal Basic Education
Vol 3 No 3 (2024): Agustus

Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sabir, Nurul Marissa (Unknown)
Idrus, Nur Abidah (Unknown)
Mirna, Mirna (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IV UPT SPF SDN Daya 1 Kota Makassar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD UPT SPF SDN Daya 1 Kota Makassar yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) oleh Kemmis dan Tanggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik (B). Sejalan dengan hal tersebut, sikap kerjasama siswa mengalami peningkatan. Sikap kerjasama siswa pada siklus I dengan persentase 64,28% berada pada kategori cukup (C) sehingga ketuntasan sikap kerjasama siswa pada siswa kelas IV belum tuntas secara klasikal 80%, sedangkan pada siklus II dengan persentase 87% maka sikap kerjasama siswa sudah meningkat berada pada kategori baik (B) sehingga sikap kerjasama siswa pada siswa kelas IV sudah tuntas secara klasikal 80%, dan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IV UPT SPF SDN Daya 1 Kota Makasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...