Global Journal Basic Education
Vol 3 No 3 (2024): Agustus

Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Antusiasme Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Evaluasi Pembelajaran

Chaerunnisa, Chaerunnisa (Unknown)
Nurhaedah, Nurhaedah (Unknown)
Rostina, Rostina (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar dan antusiasme siswa dalam evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar dan antusiasme siswa kelas V B UPT SPF SD Inpres Pajjaiang dalam evaluasi pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif, serta jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru serta 30 orang siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas V bertindak sebagai observer. Berdasarkan data yang didapatkan selama pelaksanaan siklus I dan siklus II di kelas IV B UPT SPF SD Inpres Pajjaiang diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K), sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B) serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan aplikasi Quizizz paada evaluasi pembelajaran di kelas V dapat meningkatkan antusiasme dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...