Global Journal Basic Education
Vol 4 No 1 (2025): Februari

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS

Akmaliah, Vanny Nur (Unknown)
Idrus, Nur Abidah (Unknown)
Suriani, Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa Kelas V menerapkan model pembelajaran Pair Checks materi Pengukuran per Kuantitas Unit. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar Matematika materi Pengukuran per Kuantitas Unit siswa kelas V menerapkan model pembelajaran Pair Checks. Metode pengumpulan data yang diterapkan mencakup observasi, tes, dan dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari guru kelas dan 10 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi aktivitas guru dalam proses pembelajaran dari segi observasi berada pada tingkat baik (B), sedangkan aktivitas siswa berada pada tingkat cukup (C), dan hasil tes belajar menunjukkan kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus kedua, hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, dimana kualifikasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran mencapai tingkat baik (B),dan hasil tes belajar juga berada pada tingkat baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika siswa kelas V.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...