Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 5, No 1 (2023): April 2023

PENGARUH PEMBELAJARAN TAHFIDZ TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS DI KELAS III MI DARUL HIKMAH KOTA CIREBON

Handayani, Imas (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Jaelani, Aceng (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Masnun, Moh (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tahfidz terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di kelas III MI Darul Hikmah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperiment, desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian Ex Post Facto. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh yang menggunakan semua anggota populasi yaitu siswa kelas III dengan jumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji determinasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran tahfidz di kelas III MI Darul Hikmah Kota Cirebon berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji determinasi R Square, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pembelajaran tahfidz terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di kelas III MI Darul Hikmah Kota Cirebon sebesar 20,3% dan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pembelajaran Tahfidz, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits AbstractThis study aims to determine the effect of tahfidz learning on learning outcomes of Al-Qur'an Hadith in class III MI Darul Hikmah Cirebon City. is study uses a non-experimental quantitative approach, the research design used is Ex Post Facto research. The sample used in this study is a saturated sample using all members of the population as a sample with a total of 45 people. Data collection techniques used in this study were observation, questionnaires and documentation. The data analysis technique used in this study is the normality test, linearity test, determination test, simple linear regression test and hypothesis testing. From the observation results it can be seen that the application of tahfidz learning in class III MI Darul Hikmah Cirebon City is in the very good category. Based on the results of the R Square determination test, it can be seen that there is an influence of tahfidz learning on Al-Qur'an Hadith learning outcomes in class III MI Darul Hikmah Cirebon City by 20.3% and the remaining 79.7% is influenced by other factors.Keywords: Tahfidz Learning, Learning Outcomes, Al-Qur'an Hadith

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...